Thursday, November 5, 2015

Perkembangan teknologi


Perkembangan Teknologi Komunikasi Dari Masa ke Masa


Perkembangan Teknologi Komunikasi Dari Masa ke Masa
Manusia adalah mahluk sosial dan komunikasi adalah hal yang pasti dilakukan setiap harinya. Hal itu telah berlaku sejak zaman dahulu dan seiring berjalannya waktu, alat komunikasi terus mengalami perkembangan. Berikut ini adalah teknologi komunikasi dari masa ke masa.
Pada awalnya manusia hanya hanya bisa berkomunikasi secara face to face ataupun tanda/isyarat yang memiliki arti khusus, seperti asap contohnya. Keterbatasan itu juga membuat mereka hanya dapat  berkomunikasi ke orang-orang sekitar saja dan komunikasi jarak jauh sangatlah tidak memungkinkan. Perkembangan zaman secara perlahan menghilangkan keterbatasan itu, langsung saja kita simak perubahan teknologi komunikasi masa ke masa.



1. Surat

Kemunculan surat pertama kali adalah ribuan tahun yang lalu di Mesir. Mereka biasanya dikirim menggunakan orang dan binatang seperti merpati. Kekurangan utama dari teknologi komunikasi tentunya adalah waktu pengiriman yang lama yakni membutuhkan waktu antara satu hingga tiga hari.

2. Telegraf

Merupakan penemuan menakjubkan pada zamannya dimana memperbolehkan pesan jarak jauh melalui kode morse. Biasanya digunakan untuk kepentingan bisnis, mereka kemudian mengalami perkembangan yakni dengan receiver elektromagnetik yang memperbolehkan kode morse langsung diterjemahkan dalam bentuk tulisan.

3. Telepon

Teknologi yang terus mengalami perubahan hingga sekarang ini memperbolehkan komunkasi jarak jauh dalam waktu yang singkat. Semua itu adalah hasil jerih payah dari penemu ternama Alexander Graham Bell.

4. Pager

Sesudah telepon ditemukan barulah komunikasi pesan singkat dengan sinyal radio diciptakan, yakni Pager atau terkadang dikenal juga dengan nama Beeper. Pager sendiri hanya dapat menerima pesan singkat dan mereka dibagi menjadi numeric pager, alphanumeric pager, serta two-way alphanumeric pager.

5. Handphone

Ponsel, telepon genggam, atau lebih sering dikenal sebagai handphone adalah alat komunikasi elektronik yang dapat dibawa kemana-mana. Ia memperbolehkan komunikasi langsung melalui telepon dan juga pengiriman pesan SMS. Sampai sekarang teknologi ini juga terus mengalami perkembangan hingga yang sedang trend sekarang ini yakni smartphone.

6. Internet

Inilah teknologi komunikasi terkini yang memperbolehkan komunikasi yang tidak mengenal waktu dan batasan jarak. Apalagi dengan berbagai gadget yang ada sekarang ini, maka istilah dimana saja dan kapan saja bukan lagi sekedar ucapan semata
http://portal.tahupedia.com/content/show/424/Perkembangan-Teknologi-Komunikasi-Dari-Masa-ke-Masa

0 comments:

Post a Comment